Belajar

5 Manfaat Nge Blog Bagi Guru dan Pelajar

Nge blog mempunyai banyak banged manfaat. blog bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, blog sebagai media belajar yang ampuh untuk gutu dan siswa, blog bisa untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis, blog bisa juga digunakan untuk portofolio kita, blog juga bisa digunakan untuk menambah teman kita

waviq 4 years ago · 4 min. read
Share this

Sebelum kita bahas masalah manfaat nge blog, yok kita kenalan dolo dengan blog. Jadi apakah itu blog sih?

Jadi simpelnya blog itu tempat kita menuliskan cerita kita sendiri mengenai apapun itu dan yang paling penting cerita yang kita tuliskan harus bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Loch kok apapun? contoh nie kalo blog yang profesinyai sebagai fotografer, biasanya isi blognya tentang semua cerita hasil cepretannya, cerita tentang petualanganya. Gak percaya? silahkan main disini.

Nah kalo kita seorang guru atau siswa sih blog untuk apa? Untuk BANYAK HAL pastinya. Contoh ketika guru punya materi tertentu yang akan diajarkan kesiswa, guru bisa langsung menuliskan beberapa materi yang akan diajarkan ke siswa di blog, dan siswa dapat mengakses materinya.

Nah kalo kita seorang siswa kita bisa membiasakan diri setiap menerima materi pelajaran dari guru, blog bisa digunakan sebagai sarana untuk kita mengulang pelajaran kita. Contoh siswa akan menuliskan kembali materi apa yang telah diajarkan guru kedalam blog. Karena kita menulis dengan kata-kata sendiri, di jamin deh kita akan lebih memahaminya dari materi tersebut.

5 manfaat blog bagi guru dan pelajar

5 manfaat blog bagi guru dan pelajar

1. Berbagi Ilmu pengetahuan untuk sesama

Jadi dengan kamu nulis cerita kamu (yang bermanfaat) di blog, tulisan kamu bisa di baca orang se DUNIA. Orang lain akan dapat ikut belajar bersama dengan hasil tulisan kamu. Dan InsyAllah dengan kamu berbagi pengetahuan bersama sesuai dengan janji Allah SWT, maka ilmu kamu akan selalu bertambah, dan InsyAllah jika kamu iklas niatnya maka kamu akan mendapatkan pahala juga.

Barang siapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala dari orang-orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi sedikit pun pahala orang yang mengerjakannya itu.” (HR Ibnu Majah).


2. Sebagai media belajar yang sangat ampuh

Seperti yang sudah disinggung di atas, jadi kalo pengin kamu itu belajarnya gampang, enak, dan selalu ingat. Maka mulailah dengan menulis blog. jadi setiap kali kamu belajar apapun dari berbagai sumber (guru, buku, video, dll) cobalah mulai dengan mengulang belajar kamu kembali dengan menuliskanya dalam blog. Dengan menuliskan kembali hasil belajar kamu, saya jamin 99% kamu akan mengingat terus hasil belajarnya, dan misalpun kamu lupa nie, kamu tinggal membuka tulisan kamu di blog dan membaca ulang kembali. Karena ditulis dengan gaya bahasa tulisan kamu sendiri, pastinya kamu juga akan gampang banged memahami kembali hasil tulisan atau materi yang kamu lupa tersebut.


3. Mengasah kemampuan menulis

Awal kita menulis blog (kalo belum terbiasa menulis), pasti saya jamin akan bingung, lama dalam memilih kata-kata, dll. Tenang itu semua wajar tapi lama-lama akan menjadi sangat mudah dan akan ketagihan. Ketika kamu menulis dengan hati yang ikhlas, kamu akan selalu berusaha agar tulisan yang kamu tulis supaya gampang dimengerti untuk orang lain juga. Tulislah dengan gaya bahasa kamu sendiri, bikin supaya minimal kita sendiri itu paham dan enak ketika membacanya. Atau juga Kamu bisa juga melampirkan gambar-gambar pendukung supaya memudahkan pembaca juga lebih mudah memahami tulisan kamu. Nah ketika kamu sudah terbiasa menulis, lama-lama saya jamin akan menjadi terbiasa.

4. Sebagai portofolio kita

Apasih portofolio? jadi simplenya portofolio itu bukti karya kita yang bisa ditampilkan. Terus fungsinya buat apa? jadi portofolio sangat berfungsi ketika kita melamar kerja, karena di CV (Curriculum Vitae) kita agar kita sukses bersaingin dengan banyaknya pelamar kerja, kita wajib beda dari yang lainya. Ketika kita menampilkan portofolio kita, perusahaan dipastikan akan lebih menyukainya, karena portofolio adalah bukti nyata dari hasil karya kamu. Dan ketika kamu di interview sama pihak perusahaan juga dipastikan kamu akan ditanyai mengenai hasil karya apa saja yang pernah kamu buat. Nah dengan kita menulis blog akan menjadikan bukti nyata, karena hasil tulisan kita akan dapat diakses semua orang, jadi perusahaan pun akan bisa melihat langsung hasil karya kita.

Jujur dari hasil pengalaman saya nge lamar di beberapa perusahaan besar, yang mereka tanyakan bukan ijazah, nilai, atau lulusan. Tapi mereka akan menanyakan kamu Bisa apa? Mana bukti portofolionya


5. Sebagai portofolio kita

Yap, karena tulisan kita bisa di akses orang se luruh perunju dunia, maka otomatis banyak orang yang akan membaca tulisan kamu. Dari situlah kamu akan menemukan banyak teman, orang yang membaca akan banyak memberi respon. Dan yang paling keren ketika kamu nge blog, kamu akan menemukan teman yang InsyaAllah pasti baik, kenapa ? karena orang yang suka membaca adalah InsyaAllah orang baik 😉. Bahkan banyak banget para blogger yang sering mengadakan gathering (ngumpul ketemuan) bareng, nah dari situ akan benar-benar kenalan satu sama lain, kalo udah begitu pastilah yang jomblo otomatis akan melirik sana sini dan saling berkenalan dan mengeluarkan jurus gombalnya 😎

Nah jadi gimana banyak kan manfaatnya kalo kita Nge Blog, kamu bisa memulainya dengan mengunjungi link berikut


Dan Jika kamu masih bingung cara menulis di blog, kamu bisa membuka link berikut


Jangan pernah ketinggalan belajar
Berlangganan gratis, dan kamu selalu akan dapat update belajar yang sesuai untukmu
Belajar terkait

DASAR DASAR FOTOGRAFI

Materi Kelas X MULTIMEDIA SMK HARKIT KETANGGUNGAN

Dec 12 · 5 min read

DASAR DASAR FOTOGRAFI

4 years ago · 4 min read

Cara Menulis dan Posting Blog

waviq
4 years ago · 4 min read

Belajar Videography dengan menggunakan Smartphone

silvi
4 years ago · 4 min read

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

AZIZ ROYANDI
4 years ago · 4 min read

Unsur-Unsur Proposal Kegiatan

AZIZ ROYANDI
4 years ago · 4 min read

Apa saja istilah Fotografi ?

Jokowi
3 years ago · 4 min read

5 Manfaat Nge Blog Bagi Guru dan Pelajar

waviq
4 years ago · 4 min read

7 CARA MEMBUAT DESAIN PERCETAKAN POSTER

Jokowi
4 years ago · 4 min read

Kebijakan Sir Thomas Stamford raffles di Indonesia

AZIZ ROYANDI
4 years ago · 4 min read

Tips Pemilihan Skincare

Rahayu
4 years ago · 4 min read